Rabu, 05 Maret 2008

SnaZzy!

SURPLUS KARENA CHARITY !

Baru-baru ini (1 Maret 2008) Smansa Depok mengadakan sebuah acara bertajuk SnaZzy! (Smansa arts and charity). Acara ini sebetulnya adalah acara puncak dari rangkaian AKSI 31 HYSTERIA yang dimulai sejak tanggal 19 November 2007 dan berujung di 1 Maret 2008.
Saya cukup bangga karena saya adalah salah satu bagian dari kepanitiaan AKSI 31 HYSETRIA Kebetulan saya berada di seksi SnaZzy!. Tidak akan pernah pengalaman ini didapat oleh siswa SMA manapun, karena rata-rata bila sebuah sekolah mengadakan suatu acara khususnya pensi, hanya terdiri dari satu hari. bila dalam rangkaian pun, paling-paling sebulan. Tapi disini kita bisa mengadakan suatu acara yang berangkai selama 3 bulan lebih, namun dengan budget yang kurang lebih sama dengan acara-acara pensi sekolah lain.
Apa saja sih sebenarnya rangkaian acara AKSI 31 HYSTERIA ini?! Kepanitiaan acara AKSI 31 HYSTERIA dibagi menjadi dua, yaitu SnaZzy! yang mengurusi acara-acara di bidang seni, dan PASCAL'S Science and Literature dalam bidang akademisnya. Setelah rentetan acara intern Smansa berlangsung, pada awal januari (pas asik-asiknya libur padahal) kita mengadakan acara ekstern pertama yaitu EDC/English Day Competition. Selama 3 hari berturut turut kami mengadakan berbagai lomba seperti Debate Competition dan Speech Competition yang dipartisipasikan langsung oleh banyak SMA seperti SMU BPK Penabur Bandung, MAN Insan Cendekia Serpong, SMA Dwi Warna, SMA Kharisma Bangsa, SMA 28 Jakarta, Canisius College, dll.
Dilanjutkan dengan Campus Go To Smansa, LCT ekstern SMP (Matematika, IPA, dan Ekonomi) dan LCT ekstern SMA yang semuanya bisa dibilang cukup sukses.
Hari puncak yang tanggal 1 Maret tersebut diurusi oleh seksi SnaZzy!, selain mengurusi lomba-lomba seni intern dan ekstern juga(seperti lomba poster, dll). Acara ini dimeriahkan oleh:
- Showcase dari MPK/OSIS dan 23 ekstrakurikuler Smansa
- Pemenang lomba Acapella dan Musikalisasi Puisi
- 4 TOP BAND smansa
- Kolaborasi 6 ekskul seni Smansa(Kolabs)
- PeKa StaDeLa
- nessei production, dan bintang tamunya ..
TANGGA!
Dari sejarah-sejarah AKSI tahun-tahun sebelumnya, yang dimulai pada AKSI 26, katanya sih, dananya selalu defisit. Sejarah yang berbeda tercetak saat AKSI 29 BONANSA. Pada waktu itu dananya sih surplus, namun bintang tamu gagal manggung karena HUJAN! Belum lagi ada yang bilang, maskot AKSI menentukan segalanya. Contohnya pada AKSI 28 yang maskotnya owl, panggung hampir roboh. AKSI 29 yang maskotnya lumba-lumba dan bertemakan air, hujan deras. Lain lagi tahun lalu, dengan maskot kupu-kupu, dekorasi panggung AKSI 30 beterbangan kemana-mana.
Banyak yang meramalkan bahwa AKSI 31 ini akan hujan deras sekali karena jelas, maskotnya AIR!!
Tapi, Smansa yang rata-rata penghuninya mempunyai nilai religius yang tinggi tidak mau percaya pada hal-hal seperti itu, walaupun memang agak ketar-ketir. Bahkan pensi-pensi lain yang biasanya memakai pawang hujan agar tidak hujan, kita hanya bisa mengandalkan do'a.
Yah, apa mau dikata. Sejarah terukir indah memang sudah direncanakan oleh Allah, dengan acara-acara yang bagus, baik pengisinya maupun rangkaian acaranya. Semuanya alhamdulillah SUKSES.
Semua panitia pasti tidak akan pernah lupa kalau balon yang kita pakai untuk peresmian acara, tidak terbang tinggi, tapi menyangkut di kabel listrik. Huhuhuhuhuhhu.
Oh iya, sebelum pengumuman pemenang lomba-lomba, AKSI 31 juga ada acara serah terima charity secara simbolik yang bekerjasama dengan DOMPET DHUAFA REPUBLIKA. Jumlahnya sekitar Rp 5,5 juta, yang dihasilkan dari sumbangan sukarela siswa secara berkala, yang dilaksanakan sebelum hari puncak digelar.
Saat pengumuman lomba-lomba intern dan ekstern, durasi waktunya amat lama. Ya , karena acara yang diadakan Smansa juga bejibun banget. Untuk juara debating competition jatuh ke SMUKI Bandung, MAN Insan Cendekia, dan CC. Untuk pemenang Speech jatuh kepada CC, Dwi Warna dan Smansa Depok sendiri. Juara Umum LCT SMP jatuh ke SMPIT Nurul Fikri. Sedangkan LCT SMA, juara umumnya adalah SMAN 1 Bogor setelah selama bertahun-tahun, posisi itu ditempati MAN Insan Cendekia Serpong.

Pengisi acara seperti sinyal (yang memberi quiz berhadiah handphone), 4 TOP band SMANSA, PeKa StaDeLa , Nessei, dan tentunya tangga , menyedot ribuan orang ke dalam pensi tersebut. Otomatis Smansa Depok yang sempit karena banyaknya gedung dan bangunan-bangunan menjadi tambah sempit lagi. Tapi alhamdulillah semua itu lancar dan terkoordinir kok.
Akhirnya Smansa Depok selesai dengan rangkaian acaranya. Tau nggak? Ternyata acara ini total surplusnya lebih dari 12 juta! Psssssst, tau nggak? surplus yang 12 juta ini, disumbangin ke dompet dhuafa republika lagi. Yah setidaknya, kita masih bisa merasakan penderitaan orang lain lah ditengah kita yang sedang senang-senang ini.
HEBAT BANGET DEH SMANSA DEPOK! Tau nggak, acara ini bukan satu-satunya acara akbar yang diselenggarakan di Smansa lho! Ada lagi PARAS (setiap bulan ramadhan), Arsiassalam (yang puncaknya tanggal 27 maret 2008, memperingati Maulid Nabi SAW), hari bumi, dan pensi kelas X (tiap bulan mei yang panitia dan pengisi acaranya semua dari kelas X Smansa)
~mohon do'anya~

Tidak ada komentar: