Kamis, 02 Desember 2010

Maman-Ijonk

Sebagai anak UI, ada acara akbar tahunan yang wajib diikuti. yaitu: Pemira (Pemilihan Raya). Standarlah, kayak milih-milih ketua BEM, DPM, MWA, dll. Bulan November ini jor-joran dari pendaftaran, verifikasi, kampanye, pemilihan, dst dilakukan secara akbar baik skala fakultas maupun universitas. Awalnya saya ingin jadi panitia Pemira di Fasilkom, tapi karena udah jadi panitia di acara lain (OHF), jadi saya mengurungkan niat.

Singkat cerita saya dapet sms dari Ka Ida, seorang senior 2009, "Rama, mau nggak jadi tim sukses Maman-Ijonk?". Dijelasin secara singkat aja deh ya, Maman-Ijonk itu pasangan calon ketua-wakil ketua BEM UI 2011. Kenapa ya si Kak Ida (Kadek) milih saya? aneh pol.

Dengan segala pergolakan hati dan jiwa, pemikiran panjang dan berkelok-kelok, dll, akhirnya saya menerima tawaran tersebut. Padahal pada awalnya saya juga nggak terlalu ngerti tugas tim sukses itu ngapain aja. Yah paling nempel poster, ngedukung-dukung biasa aja. Standar kan pemikirannya? Namanya juga maba, siapa sih yang mau nyusahin maba?



Eh iya, sempet lupa. Sebelum-sebelumnya nih, saya denger Maman itu mau maju sebagai kandidat calon Ketua BEM UI 2011 dengan didampingi oleh bang Lingga. Nah, Lingga itu senior di SMA angkatan 2007 dan udah kenal juga, dan saya pikir keren banget kalo disatuin sama beliau, pasti mantep. Tapi setelah mendengar Maman dipasanginnya sama Ijonk ya agak kecewa juga sih, kalo bang Lingga kan satu almamater gitu, hehe.

Nah tugas pertama yang saya kerjakan itu: masang spanduk di parkiran fakultas bareng kak Jakfar! haha, ya standar sih sebenernya walaupun agak takut naek ke tiang-tiang kuning itu, takut jatoh kan, mana pas masang+ngiket tali kan jadinya ngga pegangan apa-apa, cuma bertopang sama tiang-tiang besi haha. Dari situ saya bangga abis dengan hasil pemasangannya (walaupun kata kak Jakfar itu jelek, jadinya nanti harus dipasang ulang -- aduh, jangan dong kak jerih payah deg-degan saya tuh haha). Saya jadi sering promosi ke temen-temen 2010 tentang Maman-Ijonk.

Pas idul adha pagi-paginya, datanglah sms yang mengajak semua TS untuk team building di rumah bang Lingga. Wedew, jadi semangat kan tuh ada TS yang kenal, ternyata beliau TS juga. Nah berhubung maba, jadi masih takut-takut gitu kan. Galau mau dateng apa nggak (ya namanya maba dan kontribusinya dikit abis), sampe nanya-nanya kak Ida berkali-kali, "dari fakultas siapa aja kak?", "yah takut kak, kan nggak ada yang kenal.", "kakak kenapa ngga ikut?", "saya belum konfirm kak, gapapa tuh?", dll ya ampun. Padahal mah pengen banget dateng.

Dengan malu-malu akhirnya saya memutuskan untuk dateng. Dengan mengendarai motor bapak, saya berangkat ke rumah bang Lingga di Gema Pesona. Di jalan sempet kena gerimis, untungnya hujannya pas udah sampe rumahnya. Pas liat depan rumahnya, jauh dari ekspektasi. Ternyata yang dateng belum banyak. Yaudah kan tuh memberanikan diri parkir dan mengucap salam. "Assalamu'alaikum," dan ternyata ada kak Suci (senior seFakultas 2009) yang begitu gembira dengan kedatangan saya. Saya masuk dan kenalan dengan kak Rozi (seFakultas juga 2007) yang lagi nyiapin sate-sate bareng temen-temennya. Itu padahal belum ketemu ahlul bait, tapi malah ngerjain tugas barcode sama kak Suci haha.

Disitu ada banyak orang. Yang seFakultas ada kak Rozi, kak Suci. Selain itu ada satu anak 2010 juga lho dari fakultas lain, ada bang Lingga, banyak orang lainnya, dan tentunya: Maman-Ijonk. Kita disitu seneng banget, saya yang awalnya canggung abis, karena orang-orangnya welcome dan baik abis saya jadi merasa enak. Apalagi setelah sharing, diskusi, ngomongin strategi, petuah kak Maman yang SUMPAH mantep abis (hampir setiap ucapannya penuh wibawa), kak Ijonk yang AMPUN kocaaak abis (hampir setiap kalimatnya penuh tawa), dll. Malahan dateng pula kak Jay sebagai simpatisan, dan kak Big sebagai asisten simpatisan. Kak Rozi sebagai tukang sate, dan saya asisten tukang sate haha. Mereka semua baik, dan saya harus berkomitmen untuk tidak mengecewakan mereka :)

Besoknya, saya langsung diminta untuk bantu pasang baliho di depan stasiun UI. Disuruh kumpul jam 8 malem di stasiun UI (karena nggak mau mengecewakan saya dateng jam 7.45). Ternyata baliho baru siap dan dateng jam 9 (ampe berjamur nungguin orang disana sendirian & gelap). Pulangnya karena maleeeeeeem banget, saya bareng bang Lingga naek Avanza merahnya. Selama di perjalanan saya dikasih petuah-nasehat-motivasi yang subhanallah beruntung banget deh saya ditakdirkan jadi TSnya Maman-Ijonk (kalo nggak kan, gabakal tuh bang Lingga kasih masukan sekeren itu, alhamdulillah terima kasih ya Allah).

Beberapa hari setelahnya (tepatnya hari minggu), saya diminta untuk postering disetiap tempat strategis di UI. Semua TS kumpul di kantek nyiapin "amunisi", dan setelah itu masang-masangin. Kesekian pelajaran berharga saya dapetin, saya jadi tau gimana sistem kerja yang baik, menghasilkan output yang besar dengan dana yang AMAT minim, dll. Saya pulang jam 1.30 yang otomatis hari telah berlalu menjadi hari senin dimana saya harus kuliah jam 8 pagi. Overall, ngga ada sedikitpun penyesalan saat kerja tadi, karena saya merasa mendapat banyak hal dan pelajaran dari sana.

Kampanye pun berlanjut. Masang poster-baliho gede pol-pamflet-dll di fakultas, gunting-tempel-izin, nyari-nyari sampah buat "Abdi Kami", dukung MamanIjonk pas roadshow di fakultas-fakultas, neriakin yel-yel, dll. Sibuknya jadi mahasiswa jadi bener-bener terasa.

Hari terakhir kampanye kita disuruh dateng ke stasiun UI untuk persembahan TS-TS semua kandidat, kebetulan saya bawa motor karena pagi-paginya pas masih buta dan belum ada matahari saya harus bagi-bagi amunisi terakhir di semua pintu masuk UI. Setelah kuliah pas hari terakhir itu, malem-malemnya kan mesti copot-copotin semua All-About-MamanIjonk di UI, tapi saya sempetin dulu ke Walikota karena ada acara HES yang dilaksanain besoknya (berhubung besoknya itu ada Ujian Mat-Diskret dan gabisa hadir jadi nyempetin untuk bantuin disana).

Ya mau ngga mau musibah dateng, saya berangkat sekitar maghrib dan gerimis-gerimis kecil lucu membuat jalanan jadi licin, dan di deket Mal Depok, karena ada yang ngerem dan jatoh, saya jatoh juga. Grublak. Akhirnya semua rencana dibatalkan. Saya mohon maaf kepada kak Rozi (sebagai CM) dan kak Ida (sebagai FM) karena nggabisa bantuin di kesempatan terakhir itu. Dateng ke Walikota juga jadinya cuma sebentar. Alhamdulillahnya cuma memar dan luka sedikit aja (walaupun sakit banget sebenarnya). Jadi kegiatan-kegiatan Ujian dll masih sempat diikuti (sayangnya kersos angkatan nggak T.T)

Momen terakhir adalah pemilihan suara yang berlangsung 5 hari.

Apapun yang terjadi, bagaimanapun hasilnya nanti, saya berharap masih bisa kumpul-kumpul lagi sama mereka (TS-Terdaftar). At least bisa ketemu kumpulan orang-orang super duper baik kayak mereka. Kayak kak Rozi sang Campaign Manager yang bener-bener berjuang sampe harus nginep, pulang dan mandi (gatau dimana) untuk kuliah jam 10. Bang Lingga yang mantep, motivator keren, sabar den tegar dengan berbagai masalah yang melanda, kak Ijonk yang selalu memberikan hembusan spirit dan kesegaran saat kita lagi lusuh dan capek, dan kak Maman yang bener-bener emang pantes jadi seorang pemimpin. Ya Allah, limpahilah kami senantiasa dengan nikmat dan karuniaMu, jagalah persaudaraan ini kekal abadi. Terima kasih para abang, kakak, dan mbak, semoga semua yang diberikan pada saya dibalas olehNya :)
(Rama DP)

Cuplikan yel-yel yang dibuat oleh TS Fasilkom:

"Pak ketipak ketipung, Maman Ijonk untuk BEM UI.
Jangan pada bingung, pilih 2 yang paling pasti."

"Bila kupandang Maman Ijonk nan jauh disana,
penuh pesona dan harapan kemenangan,
tiada ragu dan bimbang untuk memilihnya,
yang paling hebat, yang nomor 2, cuma si Maman Ijonk."
(Kopi Dangdut)

"Man teman-teman (ooou), kawan-kawan (ooou),
yang disini, yang disana, dimana aja,
liat sini, Maman Ijonk, ke Fasilkom, untuk beraksi,
vote Maman Ijonk untuk BEM UI kamu nggak bakal nyesel."
(Project Pop)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

:)

kadek trisnanty mengatakan...

cie ramaa.. :)
bawa-bawa nama ka Ida segala haha.
~ka kadek aja manggilnya.. :p

Rama mengatakan...

haha ka kadek gpp kali kan ida-joko. :p

aduh dikomen maman ijonk juga lg baru liat, tapi kok profilenya not available ya hmmm...