Minggu, 09 Januari 2011

Magic Faucet




Fri Jan 7, 4:53 PM
BKB Nurul Fikri Depok

Disaat orang lain liburan, santai, nonton acara-acara TV favorit, ngemil-ngemil, dll, saya tidak. Mulai dari pagi hari ini saya ada acara gathering -KDA sampai hampir sebelum jumatan. Sebelum shalat saya menyempatkan janji untuk mengantar surat ke PNJ, dan setelahnya saya ada janji untuk mengambil surat-surat CGTS dan bertemu panitianya di SMA 1.

Hmm berhubung di SMA 1 sedang ada acara berkaitan dengan sertifikasi dan yang dituju juga tidak ada, setelah ambil surat saya langsung pulang. Sebenarnya setelah mengambil surat saya ingin bermain bulu tangkis bersama teman-teman SMA di daerah Beji, tapi karena terlambat dan sms pun tidak dibalas-balas, yaa saya langsung pulang aja.

Sambil menunggu barangkali sms masuk saya berjalan ke supermarket dekat sana, membeli sedikit cemilan untuk di rumah. Tiba-tiba saya ingat Nurul Fikri. BKB yang merekam jejak perjuangan saya dan teman-teman selama kelas 12 kemarin untuk bisa sampai ke perguruan tinggi. Akhirnya saya jalan kaki ke BKB NF berharap ada staf-staf yang saya kenal untuk dapat sekedar bersilaturahmi sebentar. Kalo ngga ada yaaa langsung pulang deh.



Memang Allah menyukai orang-orang yang giat bersilaturahmi. Dari depan NF, saya lihat ada Pak Ondang, langsunglah saya masuk dan bersalaman dengan beliau. Lanjut lagi ke dalam ada Pak Nangka, Pak Jeruk, Pak Darmawan, Pak Slamet, Pak Agus, Pak Hasan. Akhirnya bukannya silaturahmi sebentar malah cerita-cerita gitu deh sama mereka masing-masing, ga abis-abis lagi bahan pembicaraannya, jadinya malah lama banget, haha galau. Saya sempatkan pula bermain dengan Oji (Fauzi-anak kecil yang suka main di NF), gambar, nulis angka 123, huruf ABC, dll.

Saat ke masjid Al-Muwahiddin untuk shalat ashar, saya jadi teringat banyak hal. Oh man, masjid ini dulu tempat saya dan teman-teman memanjatkan begitu banyak doa akan keberhasilan, begitu banyak harapan untuk masuk ke perguruan tinggi yang kami citakan, begitu banyak tawa, saling berbagi semangat dikala kami futur belajar karena nilai try out yang pas-pasan, dll. Yah, selama kelas 12 kemarin, selain rumah dan sekolah, tempat bimbel menjadi base-camp kami dan karenanya kami bisa sampai malam belajar atau bermain disana, termasuk di masjidnya.

Satu hal yang unik, di Al-Muwahiddin keran untuk wudhunya berwarna-warni. Saya jadi ingat dulu kami memilih keran masing-masing sesuai dengan warna makara fakultas yang kami inginkan di UI. Saya ingat dulu memilih warna biru (orientasi teknik), dan rela untuk ngantri wudhu di keran itu, padahal keran lain juga banyak yang kosong. Begitu pun yang lain, Faadhil yang memilih makara putih ekonomi (padahal ekonomi silver kan, putih ilmu budaya), Cimoy oranye Fisip, Agus hijau muda kedokteran, dll. Ada juga yang galau karena masih bingung, jadi milih keran warna kuning. Haduh. (Kalo yang milih selain UI sih biasa aja mereka, haha)

Yang lucu, masing-masing keran punya satu warna, dan bentuknya sama semua. Tapi ada satu keran aneh yang beda sendiri. Baik bentuknya maupun warnanya. Keran ini warnanya biru-merah seperti warna makara Fasilkom. Waktu itu, Kemal yang udah dapet kursi duluan di Fasilkom, girang-girang ngeliat keran ini. Dan akhirnya kami pun wudhu di keran masing-masing, lalu shalat dan menggantungkan harapan masing-masing di 'masjid rakyat' itu, tentunya saling mendoakan satu sama lain dong :)

Tapi berbulan-bulan kemudian, semejak saya akhirnya diterima di Fasilkom, saya jadi berpindah haluan untuk wudhu di 'keran aneh' itu kalau shalat di Al-Muwahiddin.

Begitu pula hari ini.

Wudhu di keran itu airnya terasa sungguh segar, sesegar nikmat yang Allah berikan kepada saya hampir setahun lalu, ketika dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa Fasilkom UI. Allah sungguh Maha Tahu akan kesegaran-kesegaran yang paling segar untuk diberikan kepada hambaNya (Ada nggak ya istilah Maha Segar? Kalo ada itu buat Allah deh). Saya bersyukur bisa tergabung menjadi salah satu "orang yang menggunakan keran biru-merah" itu, karena dengan begitu rasa syukur saya menyadari hari ini, di keran biru-merah itulah kucuran passion dan kemampuan saya mengalir.

Rama Dwiyana Putera
Fri Jan 7, 5:22 PM

7 komentar:

Adlian mengatakan...

hahaha jadi keinget masa2 perjuangan dulu..

Rama mengatakan...

iya. kangen le, andai bisa balik lagi ihiy

Anonim mengatakan...

dan ternyata gw sama lo berpikiran sama pas ngeliat keran itu di hari itu. HAHAHA

Rama mengatakan...

hahaha. tapi gue duluan ya berarti mal. kan lo telat.

Siti Aisyah Rachmawati mengatakan...

wow perasaan keran di tempat akhwat warnanya biru semua, hehe ceritanya mengharukan ram

Fatianur Fadhila mengatakan...

Cerita yang indah memang akan selalu menarik untuk dikenang.. :)

Rama mengatakan...

@siti: mengharukan belah mananya dah. oren ya sit, ada kan tuh. haha

@fathiyah: wah, haha seriusan?! *blush
yaa, semoga bisa jadi manfaat