Senin, 13 September 2010

Linangan Syahdu di Pagi Fitri, Rindu Tiada Terperi. (Part I)

Pagi ini saya melaksanakan shalat Ied. 1 Syawal 1432 H. Jumat, 10 September 2010. Shalat Ied seperti biasa di Masjid Al-Falah, Masjid terdekat dari rumah saya.

Pagi yang begitu fitri.

Yang berbeda dari Ied kali ini adalah, (1) Ibu saya alhamdulillah mampu untuk ikut shalat Ied lagi, selama beberapa tahun ada hambatan dalam pelaksanaan, dan mungkin (2) dengan kiblat baru karena pada Ramadhan ini Masjid Al-Falah mengganti -- lebih tepatnya membenarkan -- arah kiblatnya.

Sebelum shalat Ied tentunya ada maklumat dari DKM Al-Falah. Mengenai amal, jumlah mustahik dan muzakki, dan sebagainya.

"De, itu yang lagi ngomong kan adenya kak Ahad", si Adit menyela.

Beneran? Subhanallah, ternyata dai muda gaul berkacamata itu adenya kak Ahad? Kak Ahad yang telah lama hilang?

Kak Ahad itu guru ngaji saya dan Adit dulu (sekitar 10 tahun yang lalu) yang dateng ke rumah. Subhanallah banget kalo saya pikir-pikir pada jaman sekarang, seorang pemuda kuliahan, mau meluangkan waktu ngajarin ngaji anak-anak kecil dengan dateng ke rumah kita (udah kayak privat). Dari alif-ba-ta sampe ya, hafalan surat-surat pendek, ngajarin hal-hal simpel masalah agama. Waktu itu sebenernya kita ngaji bareng bertiga sekali tiap minggu, tapi beberapa bulan setelahnya karena satu dan lain hal, jadwalnya jadi Adit hari senin dan saya hari rabu (atau kebalik lupa).

Oh man, Kak Ahad dimana dirimu sekarang? Kakak yang dulu meluangkan waktu dua kali sore seminggu, dateng ke rumah saya ngajarin "baju di toko". Kakak yang ngetes hafalan surat pendek dalam waktu seminggu, padahal saya yang ogah-ogahan, ngafalin beberapa menit sebelum kak Ahad dateng. Kakak yang ngasih kado kaset murotal Al-Qur'an dan CD Harun Yahya pas saya dan Adit ulangtahun. Kak Ahad yang suka gambar-gambar buku catetan saya biar materi-materinya gampang diinget. Kakak yang sabar kalo ngeliat saya dan Adit berantem pas ngaji.

Kakak yang mengenalkan arti peribahasa ilmu padi yang makin berisi makin merunduk. Seperti kak Ahad.

Kak Ahad itu dulunya anak smansa. Ya dia dateng ke rumah awalnya atas permintaan ibu saya yang guru smansa. Dan juga kak Ahad cuma beda satu RW (atau malah se-RW ya? bodoh). Dateng ke rumah dengan deruman motornya yang selalu saya tunggu tiap rabu, walaupun tidak diharapkan kalo lagi ada deadline hafalan (sumpah beneran waktu itu takut banget tiap denger suara motor, bukan, bukan, bukan, kesekian motor taunya kak Ahad, berhentilah sudah menghafal kilat). Dengan baju koko, tas gemblok, dan senyum tulus yang masih saya inget.

Kalo dipikir-pikir dengan otak sedewasa sekarang, mulia banget deh kak Ahad. Dulu mungkin waktu kecil ngiranya biasa aja ah guru ngaji kayak gitu (wajar kan anak kecil) Walaupun dari awal saya kagum sama beliau.

Oh man, Kak Ahad dimana dirimu sekarang?

2 komentar:

fatma mengatakan...

ramaaa hadiah cd murottal sm harun yahyanya bikin gw terharuuu hiks, subhanAlloh bgt ya ram kayaknya beliau..udah ketemu skrg ram sm kak ahad nya ?

Rama mengatakan...

belom fat. gue sempet ngewall sih, tapi ga dibales haha. ya semoga bisa ketemu lah